Jumat, 04 Desember 2015

UPAYA MEMPERKENALKAN MAKANAN KHAS INDONESIA

Makanan khas Indonesia ada banyak dan beranekaragam, Indonesia memiliki banyak provinsi dan tiap-tiap provinsi memiliki makanan khas daerahnya masing-masing, mungkin dalam satu provinsi ada puluhan bahkan ratusan makanan khasnya. Namun dari banyaknya makanan khas tersebut, hanya beberapa saja yang terkenal atau terpopuler hingga nasional bahkan internasional. Oleh karena itu, kita sebagai pemuda pemudi indonesia haruslah bangga dengan negeri kita sendiri. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengenalkan budaya dan keanekaragaman Indonesia terutama kepada generasi muda  dan warga negara asing. Berikut adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan:

a. Upaya memperkenalkan makanan khas Indonesia kepada generasi muda
·        Mengadakan festival kuliner nusantara di tempat yang sering dikunjungi kalangan muda seperti di tempat wisata, di mall, di cafe, dll. Di dalam festival kuliner tersebut pengunjung akan disuguhi dengan berbagai makanan dan jajanan khas Indonesia dan dapat langsung mencicipinya. Selain itu pengunjung akan dijelaskan darimana makanan-makanan itu berasal dan bagaimana cara pembuatannya. Itu bertujuan agar pengunjung dapat mengenal dan tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah.

·        Di era globalisasi ini banyak dari generasi muda lebih menyukai makanan luar negeri. Oleh karena itu, upaya untuk memperkenalkan makanan khas Indonesia ini dapat dilakukan dengan membuat café atau rumah makan yang menarik untuk tempat berkumpulnya anak muda dengan berbagai menu makanan khas Indonesia yang dapat ditambahkan dengan varian rasa baru atau dibuat penyajiannya yang unik tetapi tidak merubah ciri khas dari makanan tersebut.

·        Dengan memanfaatkan kepopularitas game saat ini, khususnya education fun game, dibuatlah sebuah game untuk memperkenalkan berbagai masakan daerah yang ada di Nusantara beserta bahan dan cara pengolahannya. Dalam game ini, pemain akan memasak masakan khas yang ada di Nusantara, dari memperkenalkan bahan–bahan yang digunakan serta cara pembuatanya. Dengan memperkenalkan masakan Indonesia serta bahan dan pembuatannya yang dikemas dalam bentuk game, diharapkan agar masyarakat dapat lebih mengenal berbagai jenis masakan serta bahan dan cara pembuatannya yang ada di Nusantara dan melestarikannya.

·        Selain mengenalkan melalui game, dapat juga melalui media masa, seperti facebook, istagram, dll. Kita bisa mengaplod foto-foto makanan khas Indonesia dengan menampilkan lokasi di mana makanan tersebut dapat dibeli.

b. upaya memperkenalkan makanan khas Indonesia kepada warga negara asing

·       - Menghadirkan menu makanan khas Indonesia saat menyambut tamu dari negara asing merupakan salah satu wujud nyata untuk memperkenalkan makanan Indonesia yang beragam kepada dunia luar.

·        - Mendirikan dan mengembangkan restoran masakan Indonesia di mancanegara agar dapat menarik minat warga Negara asing untuk mengunjunginya.

·        - Orang Indonesia harus memiliki ketertarikan atau minat untuk mengenal lebih dalam seluk belum makanan Indonesia, terutama juru masak agar tidak kalah unggul dengan juru masak luar negeri dalam memasak dan menyajikan menu makanan Indonesia.

·       - Mahasiswa Indonesia yang kuliah di universitas di luar negeri dapat memperkenalkan makanan khas Indonesia dengan membuat suatu acara di universitasnya seperti acara IFF (Indonesian Food Festival).







 *Semoga Bermanfaat* ^_^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar